Via Dolorosa

“Aku telah menyangkal Guru .. aku telah berdosa… maafkan aku guru”.

Ini adalah sepenggal scene ungkapan sesal mendalam Petrus setelah menyangkal Yesus 3 kali, sungguh teramat dalam dan membuat hadirin yang menyaksikan tablo menitikkan airmata. Betapa kita sering menyangkal Yesus dalam hidup sehari hari, betapa dialog diatas sungguh mewakili manusia yang sering jatuh dalam dosa, lagi dan lagi.


(klik gambar untuk memperbesar)

Tablo yang ditampilkan oleh OMK St. Andreas Sukaraja Bogor pagi ini membawa hadirin larut dalam kisah sengsara Yesus. Via dolorosa, mengajak kita untuk mengikuti, merasakan dan terlibat baik secara fisik maupun emosi akan derita Yesus yang disalibkan bagi kita. Umat diajak merasakan penderitaan Yesus yang disalibkan untuk menebus dosa dosa manusia. Dia rela di fitnah, di dera, dimahkotai duri, dicambuk, dihina, direndahkan, dipaku dikayu salib dan mati demi kita manusia. Dosa – dosa kitalah yang ditanggungnya.

“Saat Yesus disalibkan, kita memahami Yesus sebagai manusia, penderitaannya semua demi keselamatan kita. Scene ini yang paling berarti bagi saya.” Tukas Ignas Jati – sutradara tablo Via Dolorosa. Yesus sebagai manusia mengalami sakit & penderitaan yang begitu hebat, bahkan kita yang hanya menyaksikan visualnya terkadang begitu ngeri akan siksaan yang dialami Yesus.
Lebih lanjut Ignas Jati menyampaikan bahwa tablo ini adalah satu persembahan Aksi Puasa Pembangunan Orang Muda Katolik dan wujud aksi nyata mereka. Ignas Jati mempunyai harapan semoga OMK bertumbuh dan berkembang menjadi rasul – rasul misioner di era modern.

Yesus yang disalib bagi kita

Tablo sengsara Yesus menjadi agenda tahunan bagi Paroki St.Andreas Sukaraja & ditampilkan di Bumi Maria Sareng Para Rasul. Paskah kali ini, OMK kembali mempersembahkan tampilan terbaik mereka. Totalitas & persembahan diri orang orang muda katolik yang patut kita apresiasi dan contoh. Mereka yang muda dan mengimani Kristus, memberi diri bagi Yesus teladan kita.

Yesus di salibkan
Yesus di paku di kayu salib

Visualiasi jalan salib ini menambah semangat umat untuk mengikuti rangkaian acara Tri Hari Suci & mengalami pertobatan yang sesungguhnya. Mari menyiapkan hati kita, mati bersama Yesus dan bangkit menjadi pribadi baru bersama Yesus.

Tuhan memberkati
Yustina Wardhani

Apresiasi dr sutradara Ignas Jati kpd OMK St. Andreas Sukaraja
Seluruh pemain & team pendukung tablo. 👍👍OMK.St. Andreas
Pastor Robertus Eeng Gunawan

Paroki St. Andreas Sukaraja Bogor
19 April 2019
————————————
The Choosen One
37 If I do not the works of my Father, believe me not.
38 But if I do, though ye believe not me, believe the works: that ye may know, and believe, that the Father is in me, and I in him.
John 10;37-38
————————————

Leave a Reply