Melihat Terang Bersama Paroki St. Andreas – Sukaraja : Baksos 1000 Kacamata

Paroki St. Andreas bekerja sama dengan Yayasan Melihat Terang melalui Gerakan Sejuta Kacamata untuk Indonesia menyelenggarakan baksos 1000 kacamata, Minggu 27 Januari 2019 di pastoran. Bermula saat Romo RD Thomas Peng An menginformasikan perihal Yayasan ini & menawarkan untuk diselenggarakan di Paroki St. Andreas Sukaraja. Prakarsa ini disambut baik oleh Romo Paroki RD Robertus Eeng Gunawan yang mendukung penuh kegiatan DPP. Kegiatan yang merupakan bagian dari Perayaan ulang tahun Paroki St. Andreas ke 13 ini didedikasikan sebagai ajang berbagi kasih bagi masyarakat sekitar pastoran khususnya desa Cijujung & Pasirlaja.

Pengurus gereja yang diwakili Bidang Pelayanan khususnya sie PSE menggandeng “Yayasan Melihat Terang” yang diprakarsai oleh Bapak Denny dan kawan kawan, untuk memberikan pelayanan pemeriksaan mata & pemberian 1000 kacamata gratis. Baksos 1000 kacamata di Paroki St. Andreas merupakan yang ke 31 dalam rangkaian Gerakan Sejuta Kacamata untuk Indonesia, yang dimulai sejak 7 Juni 2015 di paroki St. Barnabas Pamulang.

Kegiatan ini menjadi ajang berbagi kasih & kerja nyata PSE bersinergi bersama sie Kesehatan, Kerawam dan OMK, bagi masyarakat prasejahtera. Lebih lanjut Mesli Rufina Sie PSE menyampaikan harapannya agar baksos ini menjadi karya pastoral yang nyata & dapat dirasakan oleh masyarakat gereja. Hal senada ditegaskan Romo Vikaris RD Paulus Pera bahwa baksos ini membangun relasi hidup bersama & menjadi bentuk konkrit ajaran sosial gereja untuk menghadirkan kerajaan Allah ditengah masyarakat.

Acara yang berlangsung sejak jam 8 pagi hingga jam 3 sore ini berlangsung ramai & penuh sukacita, aparat & masyarakat ikut menjaga kegiatan berjalan aman & tertib. Partisipasi masyarakat desa sangat terasa, baik sebagai peserta baksos maupun sebagai panitia pendukung untuk keamanan & parkir selama acara berlangsung.

Panitia membagikan 1000 kupon yang dibagi menjadi : 700 kupon untuk peserta manula/45th keatas & 300 kupon untuk peserta anak anak SD – SMP (usia s.d 15 tahun). Fasilitas yang diberikan adalah kacamata plus bagi manula & kacamata minus silinder bagi anak anak. Setiap peserta yang sudah menerima kupon, mendaftar & antri pemeriksaan mata. Bagi peserta manula bisa langsung membawa pulang kacamata sesuai hasil pemeriksaan. Sedangkan bagi anak- anak, setelah melewati pemeriksaan lanjutan dengan alat – alat optik, maka kacamata sesuai hasil pemeriksaan akan di sediakan dalam waktu 1 minggu.

Selain memberikan pelayanan pemeriksaan mata & pemberian kacamata gratis, baksos juga menyediakan pelayanan gratis cek tensi, gula darah, dan konsultasi internist. Melengkapi baksos, panitia juga menyediakan booth konsumsi dengan menggandeng Wings food yang menyediakan mie sedap + top kopi + teh rio, serta Nestle yang menyediakan milo.

Suasana sukacita melayani sungguh terasa dari setiap panitia yang melayani dengan ramah & hangat. Semangat gereja universal begitu terasa dalan baksos ini, masyarakat menyatu bersama gereja.
Semoga semangat melayani yang tak kenal perbedaan ini dapat menyatukan kemajemukan yang ada di dalam masyarakat & menjadi salah satu oase untuk senantiasa hidup damai berdampingan.

Tuhan memberkati
YWS

Leave a Reply