Selasa, 25 Desember 2018, pukul 09.00-10.50 di Gereja Paroki St. Andreas Sukaraja tampaklah anak-anak berbondong-bondong untuk mengikuti Misa Natal. Ya, memang pada Misa kedua di hari Selasa kemarin difokuskan kepada anak-anak dari Bina Iman Anak (BIA) dan Bina Iman Remaja (BIR). Dalam Misa pun yang bertugas hampir rata-rata anak anak BIA dan BIR dari Koor, Lektor, Misdinar, Pembawa Persembahan dan Penari Persembahan. Uniknya, ketika homili berlangsung, tiba- tiba dari Ruang Sakristi muncul Santa Claus yaitu yang diperankan oleh Frater Gerald serentak anak-anak pun teriak dan tertawa. Mereka berulang-ulang kali memanggil Santa Claus. Ya, disitu juga ada kuis yang dibawakan oleh RD Paulus Pera mengenai Natal yang dijawab dengan antusias oleh anak-anak.

Tidak berakhir disitu, pukul 11.00 usai misa ada perayaan Natal Anak bersama di Pastoran St. Andreas Sukaraja yang kurang lebih diikuti 200 anak bersama dengan orang tua mereka. Perayaan Natal ini dibuka dengan Doa Pembuka oleh RD Paulus Pera. Lalu dilanjutkan Ucapan Natal singkat. Acara ini juga dikemas dalam bentuk Pentas Seni dibantu oleh Om Maxi. Dimana ada penampilan- penampilan dari tiap-tiap Wilayah, BIA, BIR dan Pelajar Agama Katolik (PAK).

Ada yang bernyanyi diiringi gitar, christmas dance dan menari jinggle bells rock bahkan ada juga loh yang bermain sulap. Keren! Dipandu oleh Kakak Pembawa Acara yaitu Kak Gege dan Kak Celine, adik-adik diajak bergembira bersama di acara ini. Bahkan ada yang berani naik ke atas panggung turut memeriahkan suasana ketika gerak dan lagu. Wah salut deh sama adik-adik di St. Andreas, Sukaraja.

Waktu menunjukkan pukul 12.00 kami pun berniat untuk makan siang bersama. Karena pukul 12 siang waktu nya Doa Malaikat Tuhan maka kami meminta Frater Gerald untuk memimpin Doa Malaikat Tuhan sekaligus doa makan. Lalu ada yang berbeda nih dari biasanya, kami pihak panitia meminta adik-adik untuk membawa tempat makan dan minum dari rumah loh! Sesuai anjuran dari Bapak Uskup kita tercinta, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM supaya kita lebih megurangi sampah plastik. Sistem mengambil makan dengan cara mereka mengantri membentuk dua barisan dengan tertib.

Tentu saja, acara tidak berhenti disitu, untuk mengisi waktu, dari pihak TK Mardi Yuana Sukaraja datang untuk mengajak adik-adik yang belum bersekolah untuk bergabung menjadi keluarga besar TK Mardi Yuana Sukaraja. Memang rata-rata adik-adik BIA di Gereja St. Andreas adalah murid dari TK Mardi Yuana Sukaraja.
Nah, ngomong-ngomong tidak lengkap bukan jika di hari Natal tidak mengabadikan foto bersama Santa Claus? Maka, kami pihak panitia juga menyediakan Stand Photobooth. Walau pun hujan tetapi tidak mengurangi rasa sukacita adik-adik dan acara pun tetap berlangsung dengan baik.

Pukul 14.00, acara Natal Anak ini pun selesai. Diakhiri dengan doa dan berkat penutup dari RD Robertus Eeng Gunawan yang dilanjutkan dengan Tari Tobello bersama rekan – rekan panitia dan anak-anak. Acara ini pun tidak lepas dukungan dari Orang Muda Katolik (OMK) dan Kakak Pendamping BIA. Terima kasih untuk seluruh pihak yang sudah membantu. Terus semangat dalam pelayanan! Tuhan Yesus memberkati. (Celine dan rekan- rekan OMK

Leave a Comment