“Apakah Orientasi atau Tujuan (hidup) anda ?” Begitulah yg ditanyakan oleh RD Robertus Eeng Gunawan ,utk mengawali Kotbah pada minggu I masa Adven pada misa ke 2 , pkl 08.00, di Paroki St Andreas. Romo mendapati jawaban umat atas pertanyaan tersebut adalah tujuannya (hidup) ingin Bahagia, ingin masuk surga, ingin melayani Tuhan. Lebih lanjut Romo menyampaikan jika pertanyaan di lanjutkan Bahagia seperti apa maka bisa dikelompokan dalam tiga pendekatan, pertama ada orang Bahagia jika memiliki uang, harta benda berharga yang sifatnya duniawi, bacaan hari ini disampaikan Tuhan mengingatkan agar manusia tidak tergiur dengan tawaran tawaran duniawi, yg tidak abadi. Kemudian ada orang yang bahagia jika dapat berkumpul dengan keluarga yang di kasihi, namun juga semuanya itu terbatas sd masa hidup di dunia. Ketiga adalah orang merasa Bahagia lewat persembahan diri kepada Tuhan, karena sesungguhnya kebahagiaan bagi seseorang adalah karena kesatuan dengan Tuhan sang Pemberi Hidup, sumber air kehidupan, bersatu dengan Tuhan maka suka cita akan datang.

Romo mengingatkan memasuki masa Advent agar kita rajin berdoa, karena berdoa memampukan kita memikul Salib kita serta menjadi jalan utk mempersiapkan hati bertemu dan berelasi dengan Tuhan, karena Advent adalah masa persiapan kita utk menerima kedatangan Tuhan ke dunia. Yang bisa juga menyambut kebahagiaan sebagai manusia karena bersatu dengan Tuhan.

Pada misa minggu advent ini di lakukan pemberkatan Korona Advent utk di Gereja sekakigus dinyalakan lilin pertama dan juga diberkati koronka yg di bawa oleh umat lingkungan yg akan digunakan selama pertemuan AAP di lingkungan.

Selamat menjalani masa Advent, selamat menemukan kebahagiaan abadi bersama Tuhan. Amin.
(GK)

Leave a Comment